Rabu, 05 Maret 2008

Tanggapan pembelajaran pola spiral

At February 27, 2008 10:09 PM, tia said…
Nama : Tia Trisnayanti
NIM : 0701561
Kelas : Bahasa Indonesia
Suatu model pembelajaran kalimat bahasa adalah dengan menggunakan pola spiral yang berupa, (1)penguasaan kalimat aktif-pasif, (2)penguasaan kalimat berdasarkan kategori predikat, (3)penguasaan pola kalimat, (4)kalimat majemuk.
(1) Kalimat aktif-pasif.
Dalam pembahasan kalimat aktif-pasif akan berkaitan dengan verba dan verba transitif. Dengan pola ini akan memberi pengetahuan siswa tentang perbedaan kalimat aktif dan pasif. Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan. Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. Selain itu dapat meningkatkan ketelitian siswa untuk menggunakan tanda "titik" pada setiap akhir kalimat.
(2) Kalimat berdasarkan kategori predikat.
Dengan pengajaran pola ini, sangat membantu siswa untuk membedakan kategori predikat verba, nomina, ajektiva, numeralia, dan frase preposisional. Dengan demikian dapat membantu siswa untuk membuat kalimat sesuai kategori predikatnya.
(3) Pola kalimat.
Dengan pengajaran pola kalimat, dapat membantu siswa untuk membedakan berdasarkan ciri-ciri antara subjek, predikat, pelengkap, dan keterangan. Dengan demikian, penguasaan tata bahasa meningkat. Selain itu siswa dapat membuat kalimat yang beragam dengan benar.
(4) kalimat majemuk.
Dengan pembelajaran kalimat majemuk, siswa akan lebih mudah dijembatani dengan pengajaran konjungsi. dalam hal ini melatih siswa untuk mengembangkan pola kalimatnya sehingga bisa meningkatkan kreatifitas siswa untuk membuat paragraf.Wassalam.....(http://blogtia.blogspot.com)

1 komentar:

Iswara mengatakan...

Kalimat pertama semestinya berbunyi, "Salah satu model pembelajaran kalimat bahasa adalah dengan menggunakan pola spiral yang berupa ..."

Kalimat, "Dalam pembahasan kalimat aktif-pasif akan berkaitan dengan ..." seharusnya berbunyi, "Pembahasan kalimat aktif-pasif akan berkaitan dengan ..."

Kalimat, "Dengan pola ini akan memberi pengetahuan siswa tentang ..." seharusnya berbunyi, "Penggunaan pola spiral ini atau pembahasan kalimat aktif-pasif ini akan meningkatkan pengetahuan siswa pengetahuan tentang ..."

Kalimat, "Selain itu dapat meningkatkan ..." seharusnya berbunyi, "Selain itu pembahasan kalimat aktif-pasif dapat meningkatkan ..."

Kalimat, "Dengan pengajaran pola ini, sangat membantu siswa untuk ..." seharusnya berbunyi, "Pelajaran kalimat berdasarkan kategori predikat sangat membantu siswa untuk ..."

Kalimat, "Dengan demikian dapat membantu siswa ..." seharusnya berbunyi, "Dengan demikian pelajaran kalimat berdasarkan kategori predikat dapat membantu siswa ..."

Kalimat, "Dengan pengajaran pola kalimat, dapat membantu siswa ..." seharusnya berbunyi, "Pengajaran pola kalimat, dapat membantu siswa ..."

Bentuk, "... untuk membedakan berdasarkan ciri-ciri antara ..." seharusnya berbunyi, "... untuk membedakan fungsi subjek, predikat, pelengkap, dan keterangan berdasarkan ciri-cirinya."

Kalimat, "Dengan pembelajaran kalimat majemuk, siswa akan ..." seharusnya berbunyi, "Pembelajaran kalimat majemuk bagi siswa akan ..."

Kalimat, "dalam hal ini melatih siswa untuk mengembangkan pola kalimatnya ..." seharusnya berbunyi, "Pelajaran ini melatih siswa untuk mengembangkan pola kalimatnya ..."

Sholi ala Muhammad wa aali Muhammad.